Jumat, 01 Desember 2023

Sistem Komputer

 PENGERTIAN 

Komputer adalah perangkat lunak yang menerima masukan data, mengolah data, dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi. Data informasi tersebut dapat berupa gambar, teks, suara, atau video.


BAGIAN BAGIAN SISTEM KOMPUTER

Komputer memiliki 2 sistem, yaitu Hardware dan Software. Hardware adalah komponen komputer yang bisa dipegang dan dilihat contohnya : 


Monitor :

Sumber : Blibli.com


Monitor atau layar adalah contoh perangkat keras dari komputer, fungsinya sendiri adalah menampilkan gambar,hasil pemrosesan CPU seperti tulisan (huruf, angka, karakter khusus, simbol lain), grafik, gambar/image, suara dan bentuk khusus yang dapat dibaca oleh mesin


Keyboard :

Sumber : Shopee


Keyboard adalah perangkat keras yang berfungsi memasukan karakter atau teks ke dalam komputer. Ada beberapa jenis keyboard seperti QWERTY, KLOCKENBERG, dan DVORAK


Mouse atau Touchpad :

Sumber : microsoft support


Mouse adalah salah satu perangkat keras yang berfungsi menggerakkan kursor yang terdapat komputer pengguna


Motherboard :



Motherboard adalah komponen perangkat keras yang paling dibutuhkan untuk mengatur lalu lintas dalam komputer. Motherboard memiliki beragam slot dan konektor yang memungkinkanmu untuk menyambungkan berbagai komponen seperti prosesor (CPU), kartu grafis (GPU), modul RAM, kartu suara, kartu jaringan, dan perangkat penyimpanan seperti hard drive dan SSD. Motherboard memiliki berbagai ukuran dan fitur tergantung pada jenis dan kelasnya.


Prosesor :






Prosesor adalah komponen perangkat keras yang utama atau otak dari laptop / komputer Anda. Prosesor terletak tepat di tengah motherboard. Prosesor memiliki fungsi yang penting 

bagi seluruh operasi perangkat komputer karena semua perintah dimulai dari processor. Fungsi processor secara umum adalah mengolah perintah yang masuk kemudian dikeluarkan berupa output yaitu pemberi perintah. Fungsi prosesor adalah:

1. Memastikan komputer bekerja dengan baik

2. Menjalankan proses informasi pada komputer

3. Memberikan perintah kepada tiap komponen komputer

4. Menjaga performa komputer

5. Menunjang kegiatan spesifik komputer

6. Mengolah perhitungan algoritma

7. Menjaga stabilitas komponen komputer

8. Mendukung kebutuhan spesifik komputer


Ram :






RAM atau Random Access Memory merupakan hardware yang terdapat di dalam perangkat gadget seperti komputer, laptop, dan smartphone. RAM ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara dan hanya bekerja saat perangkat tersebut hidup atau beroperasi. Fungsi utama RAM adalah untuk mempercepat pemrosesan data pada perangkat. Tak heran jika semakin besar kapasitas RAM yang dipasang, maka semakin cepat juga perangkat tersebut bekerja. Tidak hanya itu berikut fungsi RAM.

Dapat menyimpan data yang berasal dari piranti masuk sampai data dikirim ke ALU atau Arithmetic Logic Unit untuk diproses.

Dapat digunakan untuk menyimpan data hasil pemrosesan ALU sebelum dikirim ke piranti keluaran.

Dapat menampung program atau intruksi yang berasal dari piranti masuk atau dari piranti pengingat sekunder.

Dapat mempercepat proses pengolahan data.


SSD (Solid-state drives) :

Sumber : Blibli.com

SSD atau Solid State Drive merupakan perangkat yang dirancang untuk menyimpan data menggunakan serangkaiaan IC. Di dalamnya ditanamkan suatu chip sebagai media penyimpanan guna menulis maupun membaca suatu data.
SSD bisa dikatakan sebagai perangkat penyimpanan yang jauh lebih baik dibandingkan HDD. Komponen yang ada di dalam SSD juga tidak bergerak, sehingga kemampuan kerjanya jauh lebih cepat. 

1 komentar:

Liburan #DirumahSaja